2013!

Meneruskan tradisi tahun-tahun sebelumnya, aku merenungi dan bersyukur atas apa yang kuperoleh tahun ini. Sambil mendengarkan Nutcracker Suite karya Tchaikovsky untuk menambah nuansa fantasikal nan ceria separuh absurd, aku tak hentinya dibuat tercengang sendiri mengenang apa yang kuhadapi setahun belakangan ini.

memories

memories

Tahun ini diawali dengan perayaan pernikahan salah seorang temanku. Kita pernah berteman dekat, tapi kemudian aku merasa ditinggalkan ketika ia mulai sibuk membangun mimpi bersama orang dan hal yang dicintainya, sementara aku seolah tidak pernah keluar dari tempurungku. Akhirnya aku memutuskan menjauhinya, tendensi burukku yang selalu cacat menjalin hubungan dengan manusia (I’ll die alone). Aku telah melakukan dan mengharapkan banyak hal padanya, dan kini yang tersisa hanyalah agar dia bahagia dengan kehidupannya sekarang, tanpaku.

forgot to take photo on hospital :(

forgot to take photo on hospital šŸ˜¦

Check in di berbagai tempat baru, mulai dari rumah sakit, Bali, Singapore, Bangkok, hingga Genteng, impianku untuk travelling benar-benar terwujud, bahkan melimpah ruah. Ada harga yang harus dibayar, tapi melihat kehidupan yang berbeda dengan yang kujalani selama ini adalah hiburan yang sepadan.

Dua hal di atas sebenarnya hanyalah secuil dari tema tahun ini yang bahkan aku sendiri bingung harus memulai dari mana. Bagai gunung es di lautan, dari kejauhan ia nampak tenang tapi ketika didekati berubah mematikan.Ā Sampai sekarang otakku seolah bercabang melihat berbagai sisi dari masalah ini dan tidak pernah menemukan titik temu untuk merangkumnya. Semoga tahun 2014 mendatang aku bisa meluruskan benang-benang kusut ini.

Setahun belakangan ini aku merasa diam di tempat. Apapun yang ingin kulakukan ujung-ujungnya berhenti pada satu pertanyaan: untuk apa aku melakukannya? Orang lain sudah melakukannya lebih awal dan lebih terampil dariku, apa yang kulakukan hanyalah pengulangan sia-sia yang membuang-buang waktu. Akhirnya aku hampir tidak menghasilkan apapun yang berarti.

simple answer. credit typeface: Diner-Skinny

simple answer. credit typeface: Diner-Skinny

Tapi kemudian aku menemukan jawaban atas kegalau/malasanku selama ini. Jawaban yang secara tak terduga sangatlah sederhana tapi juga esensial: untuk bertahan hidup. Lebih singkat lagi, untuk hidup. Setidaknya, untuk menyelamatkan diriku sendiri dari proses menjadi mesin, dari pikiran-pikiran surealisku, dari rutinitas monoton yang perlahan membunuh kemanusiaanku. Untuk hidup.

Tahun ini ditutup dengan jawaban dari satu pertanyaan berlanjut ke pertanyaan berikutnya. Pertanyaan lain yang mendesak segenap kepalaku untuk berpikir dan gelisah tanpa aksi yang berarti:Ā bagaimana aku akan menjalani sisa hidupku?

Thank you (SO MUCH) 2013! Adios!

One thought on “2013!

Leave a Reply

