Blood

Credit image: Dreamstime | Credit typeface: Bauer Bodoni Std 2 Black Italic

Credit image: Dreamstime | Credit typeface: Bauer Bodoni Std 2 Black Italic | Credit article: Aquila Style Ramadan Channel

Aku baru saja mencari gambar pendukung untuk artikel ini dan selama proses pengerjaannya membuahkan banyak singgungan di kepalaku. Entah aku yang terlalu sentimentil, too much thinking (as always!), atau terlalu miskin membayangkan bagaimana hubungan anak dengan orang tua semestinya. Ini masalah klasik bagiku, pergumulan dua garis yang seolah tidak pernah bertemu. Aku terus memikirkan dan merefleksikannya, baik di saat emosional ataupun dalam kesadaran berlogika seperti saat ini.

Mudah menemukan gambar bagaimana orang tua mencintai anaknya. Sebaliknya? Aku sampai harus membeli gambar yang paling mendekati bayanganku (semoga tidak terjadi misinterpretasi kerja sosial kelak). Selama proses pencarian gambar yang cukup tricky bagiku ini, aku turut membayangkan konsep hubunganku dengan orang tuaku. Tentang bagaimana aku memandang mereka (kini dan) kelak.

Aku dibesarkan dalam keluarga yang ‘unik’ dalam pandanganku. Aku tidak tahu apa yang salah, nampaknya kita berdua (atau bertiga, berempat, berlima, dst) tidak bisa menjalankan peran masing-masing secara semestinya. Di satu titik, aku tidak bisa memaafkan atas apa yang mereka sudah/belum/tidak lakukan padaku. Tapi aku terus belajar.

Inilah hubungan yang tidak bisa kutinggalkan begitu saja. Aku akan jatuh ratusan kali, tiap kepercayaan/ekspektasiku akan selalu hancur, begitu pula sebaliknya. Ini hubungan yang seburuk apapun, hatiku akan tetap kembali, memunguti kepingan-kepingan harapan untuk disusun kemudian dihancurkan lagi. Sesuatu yang selama ini selalu kubilang sebagai ‘formalitas hubungan darah’ tapi bagaimanapun ini adalah identitas, bagian dari diriku sampai (mati) nanti.

Alih-alih ‘cinta’, kesimpulan/definisi yang paling mendekati untuk mereka adalah ‘mengabdi’. Aku tidak mau menyesal pada akhirnya nanti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s