2012!

Personal_project_10_-_resize

lucunya, hal-hal berkesan yang sanggup kuingat di tahun ini hanya dari kisaran bulan agustus saja. dua per tiga sisanya? amblas. entah terlalu plain atau kemampuan otakku yang semakin buruk.

di tahun ini aku melepas sebagian dari diriku. pekerjaan yang kujalani selama lima tahun sejak kuliah, suka duka dan beratnya kehidupan yang kujalani waktu itu (oke, ini agak lebay tapi biarlah aku mendramatisirnya sedikit). kehidupan mahasiswa desain yang kaya tugas tapi miskin jam tidur, kala imajinasi harus terpentok biaya. membagi waktu antara kerja dan mengerjakan tugas, itu benar-benar pelajaran yang tidak akan kulupakan.

bermain piano menjadi salah satu pelarianku dan hingga saat ini aku masih sangat kehilangan masa-masa ‘keemasan’ itu.

proses pelepasan kedua yang kualami adalah : aku pensiun dini dari pekerjaan pertamaku. aku sendiri tidak menyangka akan secepat ini. rencana awalku adalah akhir tahun ini. dulu aku mengira ini adalah saat-saat yang sangat kunantikan untuk lepas dari tempat itu, nyatanya aku juga melewati proses berat untuk merelakan semua yang ada di sana. aku yang harus pergi di saat (gilanya) aku mulai sayang dengan tempat itu. masa-masa bangun jam lima pagi, jalan di sepanjang lorong dengan penuh kewaspadaan terhadap segala intrik dan gosip, makan siang dengan buah dan sayur, bercanda gila bersama teman sebaya, pekerjaan yang menumpuk dalam sekejap setelah menganggur tak jelas selama berhari-hari, atau dalam waktu mepet menjelang pulang, atau aneka permintaan aneh, bos yang bagaikan dewa, dan sebagainya. yang terutama adalah… atasanku. aku selalu berharap semua akan baik-baik saja di sana, seperti halnya semasa tanpa kehadiranku yang singkat ini. bagaimanapun, 9 bulan bukan waktu yang singkat bagiku.

aku melihat kembali goal 2012ku : travelling. tidak sampai luar pulau apalagi luar negri memang, tapi aku cukup puas dengan perjalananku ke jogja, walau lebih banyak waktu yang habis di jalan ketimbang explore kota lebih jauh 😦 ditambah rafting baru-baru ini, i thought this year is not that bad. aku harus selalu menarget diriku untuk bepergian πŸ™‚

yang membuatku pilu adalah, i didn’t watch any orchestra or jazz live performance this year :”((( harga tiket yang tak terjangkau (jiwa gratisan), masalah klasik transportasi dan hal remeh lainnya, i hope i can make it next year.

for every goodbye there’s a hello. dengan melepaskan sesuatu, maka kita akan mendapatkan sesuatu yang lain. ketika saat itu tiba, relakanlah, karenanya nyatanya kita tidak pernah benar-benar memiliki apapun di dunia ini. lepas dari tempat kerja pertamaku, aku masuk ke dunia baru. dunia yang selama ini kuimpikan, pekerjaan yag kucari sejak lulus kuliah. bukannya tanpa halangan sama sekail, aku justru menghadapi banyak kesulitan. bayangan pekerjaan lama yang melenakan, masa depan yang tak pasti, dan halangan-halangan lainnya. aku hanya bisa berkata… luar biasa aku bisa melewati masa transisi ini. well, pastinya bukan hanya diriku saja yang berperan dalam proses ini.

dan ketika masa berat itu mereda, tantangan kembali muncul. aku tak henti bertanya pada diriku : inikah yang kuinginkan? setelah mendapat apa yang kuinginkan, apa lagi yang akan kulakukan? aku harus menantang diriku, aku harus dan selalu melakukan yang terbaik yang aku bisa, for my future’s sake.

the last is : blue ticket journal. pertemuan iseng yang terlihat normal tapi ternyata menjungkirbalikkan hidupku, mempertanyakan segala akal sehat dan logikaku. perjalanan yang tak tertebak, kejar-kejaran yang tidak jelas siapa mengejar siapa, atau bahkan apa yang dikejar. aku tidak yakin aku bakal berakhir utuh setelah permainan ini, tapi aku akan tetap bilang this is totally worthed. kemudian segalnya akan berakhir pada satu pertanyaan : untuk apa kita dilahirkan di dunia ini?

THANK YOU 2012 πŸ™‚

Leave a Reply

