another perspective

26032012001

sebelum bekerja, aku menghabiskan sebagian besar waktuku dengan orang tua dan teman sebayaku. sudut pandangku sebagian besar dipengaruhi oleh teman sebayaku, yaitu posisi sebagai seorang anak antara keluarga satu dengan yang lainnya. aku selalu berpikir bahwa aku berada di pihak yang serba tidak mengenakkan, hidup dikekang, tidak dipercaya, diskriminasi gender, dan sebagainya. 

bekerja di sini, yang mana sebagian besar orang yang kutemui sudah berumur dan mempunyai anak, kini aku melihat dari sudut pandang orang tua. bagaimanapun, orang tua selalu mengutamakan kepentingan dan kebaikan anaknya, begitu pula orang tuaku. 

aku bersyukur bisa melihat dari sudut pandang ini, walau bukan berarti mereka adalah orang tua yang sempurna dan pandanganku mengenai keluarga yang ideal menjadi tercerahkan. aku orang yang objektif, tapi ternyata aku masih perlu berkaca lebih banyak lagi melalui orang-orang di sekitarku.

Leave a Reply

