what for?

Typo_01Typo_02Typo_03Typo_04Typo_05Typo_06

Hiatus sementara dari embroidery on paper karena kelelahan dihimpit jadwal yang padat, beberapa waktu lalu temanku memberi sebuah link (http://www.dominiquefalla.com/) dan bertanya apakah aku bisa membuat seperti itu. Gabungan antara penasaran ingin mencoba dan suntuk dengan kehidupan kerja, aku pun mulai mencari cara mengaplikasikannya secara sederhana di kertas.

Hal pertama yang kupikirkan tentu adalah kata yang ingin kusampaikan. Awal mulanya adalah ‘hakuna matata’, aku hendak membuat frase itu dilatarbelakangi kondisi kehidupan di sekitarku saat ini. ‘the less you care, the happier you’ll be’, pesan seperti itulah yang ingin kusampaikan dengan penuh warna.

Tapi kemudian aku memilih kata yang lebih sederhana. Aku membutuhkannya agar selalu mengingatkanku yang terkadang jenuh dengan kehidupan monoton ini. What for? Untuk apa aku melakukan semua ini? Demi apa? Aku harus mengingat tujuanku agar tidak terjebak dalam rutinitas dan menjadi robot begitu saja.

Di sisi lain, ‘what for’ juga mempertanyakan untuk apa aku membuat karya ini. Aku suka bereksperimen walau waktu, imajinasi, dan kemampuanku minim. Aku berusaha mengeksplorasi sumber daya yang ada di sekitarku, membuat sesuatu yang terlihat sederhana tapi tak lekang waktu. Yang pasti, tujuanku yang paling utama adalah berkarya, walau terkadang pada akhirnya karya itu belum berguna bagi kehidupan sekitarku. 

Secara teknis awalnya aku memikirkan material apa yang akan kugunakan. Hal pertama yang kupikirkan adalah tusuk gigi, yang kemudian aku aplikasikan di atas bidang beralaskan gabus setebal 2 cm.

Ada kelebihan dan kekurangan menggunakan material ini. Selain lebih murah, aku bisa mewarnai tusuk gigi sesuai tema dan imajinasiku. Kekurangannya, material ini tidak sekokoh paku. Suatu saat aku ingin mencoba menggunakan paku.

Berkaca dari headline-nya, aku masih belum menemukan tujuan yang jelas dari project ini. Mungkin secara teknis aku berhasil melakukannya, tetapi bagaimanapun itu adalah orisinalitas ide yang dihasilkan oleh orang lain. Aku berharap semoga aku cukup ahli untuk mengembangkan salah satu inspirasi ini dengan gayaku nantinya.

credit typeface : Bebas Neue

One thought on “what for?

Leave a Reply

