selaluuu… terlaluuu…

Rasa-rasanya kejadian ini kok selalu berulang berkali-kali. Berarti aku masih belum belajar –”’

Kemarin aku presentasi portfolio perorangan dengan asdosku sendiri, kurang lebih seperti ini presentasinya…

Sudah siap presentasi?
eee… sebenernya yang dipresentasikan apa ya pak? *bego*

Jadi anggepannya kaya kamu presentasi ke klien/perusahaan mengenai kemampuan kamu, tentang hasil karya kamu. Jadi bagaimana penyampaian kamu nanti juga saya nilai. (buseeetttt)

(presentasi portfolio interaktif) ~ asdosku diem aja, shock ngeliat portfolio interaktifku yang juelek banget ==” *ngasal*

Media_http3bpblogspot_grcia

btw, bapaknya paling suka sama foto ini ^ ^ tiap kali liat foto ini mesti komen ‘sllurp laper’ wuakakakakak kuliat2 tone’nya memang lumayan sih, sambelnya keliatan menyala 😛 😛

Media_http4bpblogspot_nituq

Foto apa ini?
eee… foto buku pak, dari samping
Terus item2 di atas itu apa?
itu spiralnya pak..
Ooo… saya kira apa itu item2…
(jelek banget ya pak sampe ga bisa dikenali foto apa itu? aku suka aja sih >.<)

Rencananya kamu mau mendalami bidang apa?
maksudnya… kerja di mana pak?
Ya semacem itu.. Kamu mau lebih berkonsentrasi ke mana?
eee.. kalau tentang bekerja sih, sebenernya saya ingin kerja di media pak..
Media apa? Bagian apa?
kaya media majalah gitu.. jadi editor… ato layouter.. ato staf artistik gitu…
Menurut kamu, yang paling penting dari layout itu apa?
eee… saya jawab menurut anggapan saya boleh ya pak?
Ya gapapa, namanya juga wawancara, memang butuh pendapatmu.. (iya juga, dudut aku >.<)
eee…. (mikir suwi) yang paling penting dari layout itu… adalah tata letak. Bagaimana cara mengatur tulisan dan gambar, visual hierarki, bagaimana mengarahkan penglihatan orang dari satu elemen berlanjut ke elemen lain. Selain itu, juga bagaimana mengatur antara gambar dan tulisan sama-sama nyambung.

Kalau gitu, layout majalah yang paling kamu suka apa?
hah? eee… sebentar pak, mikir… (menerawang)
Kok dipikir… kalau paling suka kan biasanya langsung muncul di kepala…
eee… (sibuk bayangin majalah2 yang pernah kuliat) majalah Versus mungkin pak. Yang saya sukai dari majalah itu karena daftar isinya tiap edisi berbeda. Selain itu, ukurannya yang beda dibanding majalah lain, layoutnya yang ga biasa..
Menurutmu gaya layoutmu itu seperti apa?
eee… cenderung simpel minimalis sih pak, saya masih belum berani eksplor.. begitu..

jawabanku mulai ngaco, dan sepertinya asdosku menyadari kedodolanku kemudian bilang ‘oke, saya mau liat bukunya, tolong dibuka…’ kemudian bapaknya menunduk sibuk menilai (loh pak!! liat kotaknya donggg… aku suka kotaknyaaa… bapak ga suka taaa??) ya wes kubuka, kutunjukkan isinya yang ala kado natal itu. bapaknya ngeliat bentar ‘tolong sekalian dikeluarin bukunya’  (dieng, sejak kemaren aku sibuk membayangkan bapak yang membuka pita itu sendiri.. ya weslah, ga penting..) beliau mulai liat2 buku portfolioku.

Media_http3bpblogspot_yuidd

udah aku tambahi bintang2, tapi males moto lagi ^ ^

 

Media_http1bpblogspot_afltv

Jadi layouter itu orangnya harus teliti (aku cuman angguk2), contohnya ini (beliau nunjuk kata ‘yeah!’ di bukuku) Jarak antara huruf ‘a’ dan ‘h’ dengan ‘e’ dan ‘a’ ini berbeda. 
ooo… itu saya langsung ngopi dari cover..
Lha ya itu, harus teliti.. kerning sama leadingnya, terus pemenggalan katanya…
ooo… iya… (angguk2 dodol)
sepulang di rumah aku berpikir… hmmm kapanan pas aku bikin itu aku punya konsep, ‘ye’ dan ‘ah’ memang sengaja dipisah seperti halnya huruf Y dan H. Tapi kalo diliat2 lagi memang nanggung, dipisah ya enggak terlalu jauh, disambungin ya jadinya kurang rapi. ya sudahlah…
Ini pake font apa? (nunjuk tulisan di bawah kata ‘yeah’)
BEBAS pak
Bebas?
Iya pak. BEBAS.
Namanya bebas?
Iya pak. (iyesss pakkk. hayo, ga pernah denger ya pak?)
Yang bikin orang Indonesia?
ooohhh… nek itu saya ga tau pak... –””’ (kayae sih orang pekalongan gitu pak, huahahahaha..)

Media_http1bpblogspot_qacff
Media_http3bpblogspot_hefnt

Perhatikan halaman ini. Sebelumnya kamu menggunakan huruf sans serif, kemudian di halaman berikutnya kamu menggunakan script. Apa alasannya? Kenapa ga disamain aja?

(astagaaaaaaaa…. pertanyaan apa iniiii…. @.@ itu cuman masalah selera n aspek keterbacaan doang sih… buingung puol mau jawab apa) eee… soalnya kalo saya menggunakan huruf sans serif atau serif (pada tulisan Yunita Hadinata) kurang cocok aja sih pak, kesannya jadi tidak dinamis.. begitu… (bingung sungguan mau jawab apa U____U pengennya sih jawab : “SUKA SUKA SAYA DONG PAK!” huhuhuu)

hening, asdosku bolak balik beberapa halaman… putus asa punya mahasiswa dodol kaya aku, gimana masa depan dkv ukp nanti?? *ngawur*

Media_http3bpblogspot_hxksf

(nunjuk tulisan ‘Peta lokasi Tugu Pahlawan Surabaya) Kenapa kamu pakai font ini?
untuk mengesankan manual pak, soalnya judul bab itu manual..
Ga cuman itu. tulisan font ini seolah ditulis dengan hati-hati, dengan rapi, telaten gitu…
ooo… iya pak (ga tau mau nanggepi apa @.@ memang begitu sih… sebenernya itu pertanyaan, pernyataan, argumen, komentar, kritik, ato apa sih??)

asdosku kembali bolak balik bukuku sampe belakang… huelekeee, komen bapake dalem hati… *ngigau*

Ya sudah, dikembangkan lagi…
iya pak.. (hah??? apanya yang dikembangkan pak?)

Aku tidak bisa membayangkan gimana sidang proposal TAku, gimana wawancara kerjaku nanti… Huhuhuuuu…. sifat lemot dan dudut ini…. T___T perlu berguru cara berbicara yang baik dan benar ke seseorang..

Btw, temenku Maya kasik oleh2 dari korea 😀 gantungan beruang pake hanbok.. lucunya ^ ^

Media_http2bpblogspot_cbfeg
“Dancing Bear”
gomawo chingu
aku suka bokeh di foto ini ^ ^ 

Leave a Reply

