perjalanan naik sepeda motor di sore hari

Tadi sore waktu papa mengantarku ke tempat les, aku menyadari sesuatu. Sesuatu yang sederhana dan sepele, tetapi mungkin itu adalah setitik jawaban yang kucari selama ini.

Sesuatu yang sangat simpel : aku naik sepeda motor, menikmati pemandangan hamparan hijau yang luas (seperti suasana pedesaan), menikmati hembusan angin. Kemudian aku serasa mengingat masa kecilku, ketika papa membawaku bersepeda bersama di sore hari. Aku merasakan ketenangan, sesuatu yang sunyi dan tidak terusik oleh apapun. Apakah itu?

Aku berpikir selama perjalanan itu. Seiring beranjaknya usia, manusia semakin terikat banyak tanggung jawab sehingga mereka tidak punya banyak waktu lagi. Waktu yang spesial, di mana duduk berdiam diri pun menjadi sesuatu yang menyenangkan, merefleksikan diri, menenangkan pikiran, mendengar lebih banyak suara di sekitar. Dan rasa-rasanya aku juga mulai kehilangan waktu berharga seperti itu. Terlalu banyak tugas yang harus dikerjakan dengan waktu yang tetap 24 jam sehari yang rasa-rasanya semakin tidak cukup saja.

Aku tidak bisa mendeskripsikan secara detil seperti apakah perasaanku selama perjalanan itu, tetapi aku merasa sangat tenang dan rileks, melupakan penat untuk sesaat. Dunia serasa menyempit, hanya ada aku dan papa yang naik sepeda motor menikmati angin dan pemandangan. Rasanya sudah lama sekali aku tidak merasakan hal seperti itu.

Kemudian aku berpikir, apakah ini bisa menjadi tujuanku? Inikah yang kucari selama ini? Suatu jeda waktu tempat aku bisa mengistirahatkan diriku untuk sesaat dari kepenatan dunia? Inikah?

perjalanan pulang dari tempat les

Aku masih memikirkannya. 
Entah apakah hal ini merupakan sesuatu yang rumit untuk dijelaskan atau kemampuan menulisku sudah begitu buruknya sehingga aku sendiri tidak paham apa yang aku tulis…
Leave a Reply

